Teluk Kiluan – berlokasi di selatan pulau sumatera, tepat nya di Propinsi Lampung, Desa Kiluan, Lampung Selatan. Kawasan dimana Lumba-Lumba menampakan diri nya di permukaan laut pada pagi hari. Penyeberangan lumba-lumba terbesar di Asia, bisa ada ratusan lumba-lumba yang melintas. Menjadi sangat menarik karena atraksi renang lumba-lumba yang lincah.

Ini peta nya, biar lebih jelas ada dimana posisi nya :

 

 

Detail cerita nya di bawah ini :

Menjelang pertengahan tahun 2014, tepatnya bulan mei, saatnya gue menikmati jatah cuti. Kapan lagi bisa travelling kalo bukan pas lagi cuti. Jadi sebelum cuti, gue udah browsing-browsing kemana tempat yang bakal gue datangin. Kalau mau cari teman untuk jalan-jalan, simple aja, tinggal buka web forum atau komunitas para Backpaker di Indonesia. Disitu ada semua sekumpulan backpacker yang berencana untuk backpakeran ke suatu tempat, dengan biaya patungan. Jadi biaya tergantung jumlah anggota yang mau ngikut. Sampe hari cuti tiba, gue masih belum bisa nentuin mau kemana. Karena hampir semua kelompok backpacker udah pada penuh quotanya terutama yang mau ke Pahawang & Krakatau. Akhir nya pilihan gw jatuh pada TELUK KILUAN.

16 Mei 2014

Bontang – Jakarta

Gak lama abis injek kaki di Jakarta, langsung deh packing barang persiapan travelling menuju Teluk Kiluan, rencana meeting point nya di Plaza Semanggi. Travelling ke Teluk Kiluan kali ini agak beda, info dari si Ketua Rombongan, karena untuk menuju ke lokasi nya melalui jalur laut, gak lewat jalur darat, jadi bakalan berhenti di beberapa titik buat snorkeling atau mampir menikmati suasana pulau-pulau kecil yang kita lewatin nanti. Beda banget kalau malului jalur darat menuju Teluk Kiluannya, karena kondisi jalannya hancur, jadi gak banyak yang bisa dinikmatin selama perjalanan.

Janjian di Plaza Semanggi, sekitar jam 20.00, dan disana udah nunggu beberapa orang. Kirain mah bakalan banyak ampe belasan orang, ternyata hanya ada 3 orang. Karena anggota rombongan yang lainnya meluncur ke Pelabuhan Merak masing-masing, jadi gak barengan dari Plaza Semanggi.

Dah nunggu sekitar 1 jam, akhirnya mobil yang jemput kita datang juga, total semua ada 6 orang berangkat dari Plaza Semanggi, dengan mobil Avanza.

Jakarta – Pelabuhan Merak

Perjalanan lumayan lancar, dan sampe Parkiran Pelabuhan Merak, ketemu lagi deh tuh ama anggota-anggota yang laen nya, ada beberapa mobil. Lanjut makan dan langsung menuju antrian masuk Kapal, untuk meluncur ke Pelabuhan Bakauheni. Ini pertama kali nya juga gw bisa masuk Pelabuhan Merak & Bakauheni.

Agak lama juga tuk masuk ke Kapal, karena kapal nya belom siap, jadi makin numpuk para penumpang yang mau masuk ke Kapal.

Pelabuhan Merak – Pelabuhan Bakauheni

Lumayan lama kita nunggu ampe berjam-jam, akhir nya bisa masuk juga ke Kapal, dan langsung pilih lokasi duduk, kalo bawa tiker bisa ngampar-ngampar deh di lantai. Di dalam kapal juga banyak yang jualan snack, jadi ga perlu khawatir kelaperan, tapi dengan harga yang beda dengan harga di darat. Begitupun juga kalo mau ngecas HP gak bisa sembarangan, karena sudah ada tempat dimana mau ngecas, ada biaya nya juga.

Perjalanan kira-kira hampir 2 jam, kita sampe di Pelabuhan Bakauheni, pas banget menjelang shubuh, jadi kita semua mampir ke Mushola dulu. Sekalian persiapan perjalanan darat ke Terminal Rajabasa.

17 Mei 2014

Pelabuhan Bakauheni – Terminal Rajabasa

Dari Pelabuhan Bakauheni kita bakalan naek angkot yang ke Terminal Rajabasa, ada beberapa angkot yang ngangkut kita semua kesana. Udara masih seger, gue ambil posisi paling depan aja sebelah driver, biar keliatan perjalanan nya.

Sekitar 1 jam perjalanan sampai juga kita di lokasi, ternyata banyak juga rombongan-rombongan backpacker yang laen yang juga mau travelling, ada yang mau ke Krakatau, ke Pahawang, wah macem-macem dah.

Sambil nunggu persiapan kapal berangkat, kita sarapan dan foto-foto dulu, dari semua anggota, cuma gue sendirian yang emang berangkat sendiri, kalo yang laen memang dari awal sudah pada kenal, ada yang suami istri, ada yang keluarga, ada yang temen-temen satu kantor. 

Terminal Rajabasa

Gue muter-muter aja di sekitar terminal, karena masih lama berangkat nya.  Sebenarnya juga masih bingung, ini terminal apa pelabuhan, karena langsung ketemu pantai dan kapal-kapal juga banyak standby disini. Akhirnya gue dapet temen yang deket dari para anggota, jadi enak dah bisa ada temen ngobrol dan bisa ganti-gantian berfoto. 🙂

Rajabasa ke Teluk Kiluan

Setelah dapat info bahwa kapal udah siap, kita semua langsung siap bawa barang-barang menuju kapal.

Meluncurlah kapal kita ke laut..menuju Teluk Kiluan… yihaaa… 🙂

Narsis2 dulu kita sebelum melaut jauh, mumpung belom kena mabok laut. Karena masih pagi, suasana masih seger, dan cuaca juga bagus. Dari jauh banyak banget terlihat pulau-pulau kecil, nanti kita juga bakalan menepi ke salah satu pulau sebelum sampe Teluk Kiluan.

Udah sekitar 2 jam perjalanan, akhirnya sampe di lokasi buat snorkeling. Dan ini pertama kalinya pake camera underwater yang baru, sekalian ngetes hasilnya gimana. Emang dasar katro, ini juga snorkeling masih kagok,  jadi hasil foto underwaternya kurang oke.

Ada kali kira-kira setengah jam snorklingan, semua naek lagi ke kapal. Karena masih jauh perjalanan. Pemandangan di sekitar keren abis dah, laut nya biru banget kayak cermin, banyak pulau-pulau kecil juga.

Pulau Umang

Pasir nya putih, air nya juga bening, mirip banget kayak waktu di Ujung Kulon. Langsung dah gw explore sekitar pantai. Niat nya mau kelilingin pulau, kirain mah kecil, lumayan luas juga.

Untung ada temen nya, ama si om, jadi berdua aja ama doi muter-muterin neh pulau sambil nyari ide foto dimane, ada kapal tuh, kita coba tarik dah biar keliatan macho.

 

Sekarang iseng-iseng pengen foto sambil lompat, kalo gw yang pegang kamera nya, sekali jepret langsung oke.. giliran gw yang lompat, kagak jadi-jadi. Sial !!

 

Kalo Gue Nyang Jepret, Langsung Jadi

Giliran Gue Yang Lompat, Berkali-kali kagak ada yang jadi

Ah capek, gagal mulu gak ada foto yang jadi, gw pindah lokasi objek aja dah.  Di sekitar pantai banyak banget bebatuan besar, keren juga kalo foto-foto disitu. Keren banget, gak bakalan kecewa deh mampir ke pulau ini.

 

Dan akhir nya semua kumpul, foto2 bareng di sini…. Tara….!!!!

Foto Rame-Rame

Puas bersenang-senang di Pulau Umang, langsung kita naek ke kapal lagi, karena tujuan kita ke Teluk Kiluan. Dari sini perkiraan 1 jam lagi sampe sana. Dan pas udah sampe lokasinya, kita gak bisa langsung nepi pakai kapal ini, tapi pindah dulu pake perahu yang lebih kecil.

Dan ini lokasi tempat kita bermalam,tersedia 2 cottage. Jadi kita dibagi menjadi 2 kelompok.

Sampe penginapan, kita gak berlama-lama untuk istirahat, karena masih ada lokasi yang mau kita tuju yaitu, LAGUNA. Langsung kita berangkat lagi, tapi pake perahu klotok.

Sekitar 15 menitan sampe juga di lokasi Laguna, kirain mah kagak jalan lagi, ternyata masih harus bertualang lagi, terjal pula. Anjrit, capek banget. Jadi kita masuk ke perkampungan, dari perkampungan itu nanti masuk turun lewatin semacam kebun berbukit, yang banyak pepohonan pisang. Itu tuh plang nya, untuk ke lokasi Laguna, masih jauh ternyata.

Lagi asik-asik jalan, eh ktemu ama reporter TV. Foto-foto bareng deh kita, tapi ampe sekarang gw belom liat hasil syuting nya di Stasiun TV yang mane.

 

Akhirnya sampai juga di bawah bukit, langsung ketemu pantai. Gw kira dah turun ke bawah bukit, udah sampe, ternyata belom….. WAH GILA ASLI CAPEK BANGETTTT.. masih 100 meter lagi dari pantai.

 

 

Dan ini dia yang paling menantang, perjalanan dari pantai ke Lokasi Laguna, melewati karang karang terjal. Hebat nya semua anggota sampe ke lokasi, dengan selamat, kagak ada satu pun yang tertinggal. Sumpeh deh, terjal banget karang-karangnya, kudu hati-hati pas jalan, kadang harus manjat-manjat. Udah gitu ombaknya juga kenceng banget pas sampe karang. Neh penampakan foto-foto pas  perjalanan di Karang nya :

Udah ngelewatin karang-karang yang terjal, akhirnya sampai juga kita di Laguna. Kolam renang alami, karang-karangnya yang jadi pinggiran kolam dan air nya dari ombak yang masuk ke karang.  Di dalam laguna nya juga ada ikan-ikan nya. Keren dah. Langsung dah tuh pada nyemplung ke Laguna, seru banget ampe pada lompat dari karang nyemplung ke laguna.

Bosen cuma berenang, eh pada naek ke atas karang terus pada terjun ke kolam laguna. Gw diajakin terjun juga, kagak berani ah. hehehe

Gw di ajakin lompat juga ama mereka, tapi gw kagak berani, serem!! Hahaha gw mah mending berenang aja dalam laguna sambal foto-foto gak jelas. Hahahahaha

 

Ini dia  penampakan bawah air laguna, ada karang-karang nya plus ikan-ikan kecil juga. Karena masih level katro, hasil foto underwater nya ya gini-gini aje. hihihi

Foto Underwater Laguna

 

Hari juga udah mau menjelang magrib, siap-siap dah kita mau cabut dari Laguna. asli keren banget, cuma sayang sampe sini nya kesorean, coba aja dari siang, jadi bisa lama di Laguna. Pulang nya harus lewatin lagi Karang Terjal , lewatin bukit pula, wow capek banget. Lanjut lagi naek perahu klotok untuk ke penginapan. Eh sampe penginapan, mati lampu. Super sengsara deh, mau ngapa-ngapain jadi susah. Lumayan lama juga mati lampu nya. Karena disini menggunakan Mesin Genset, dan mesin nya ada problem. Baru nyala lagi pas malem-malem.

Besok pagi kita harus bersiap-siap lagi ke Teluk Kiluan.. ini yang paling ditunggu-tunggu

 

18 Mei 2014

Berburu tarian lumba-lumba

Setelah semua siap, sekitar jam 6 pagi, berangkat dengan perahu jukung untuk ke lokasi nya, ada di sekitar area teluk. Satu perahu hanya boleh 3 atau 4 orang saja.

Awal berangkat agak ngeri juga, karena ombak nya lumayan gede, sempat goyang perahunya. Sekitar 15 menitan lah kita sampe di lokasi perlintasan lumba-lumba nya, mereka selalu muncul pas pagi hari begini.

Dan ternyata yang mau mantau tuh lumba-lumba gak hanya dari kita-kita doang, jadi banyak rombongan backapacker laen yang juga ikutan. Jadi pas sampe  lokasi banyak banget perahu jukung dah.

Yihaaa…..!!! Ini dia foto yang gw paling demen di Travelling kali ini… Mantappp

Setelah sampe lokasi, beneran banyak deh tuh lumba-lumba yang muncul… beuhhhhh keren banget… udah mirip kaya Hiu…

Mereka selalu berkelompok… ada yang ampe lompat ke atas permukaan laut, tapi sayang kagak kejepret kamera. Dengan kedatangan kita, mungkin mereka agak terganggu, apalagi perahu jukung nya banyak banget karena suara motor propeller kenceng banget.

 

Kira-kira udah hampir satu jam kita di sini dan penampakan lumba-lumba nya pun udah berkurang,

Putar haluan deh kita balik ke penginapan. Seru banget pengalaman travelling kali ini, bener-bener ga salah pilih dah datang ke Teluk Kiluan.

Sampe di penginapan, sesi berikut nya acara bebas, jika ada yang mau snorkeling juga bisa di antar di lokasi spot-spot yang bagus. Gw dah capek banget, jadi dah males berenang-berenang lagi. Ini dia hasil foto-foto dari temen-temen yang pada ikutan snorkeling, gak jauh dari lokasi penginapan.

 

Hari menuju siang, siap-siap dah kita packing-packing untuk balik lagi ke Jakarta. Foto-foto dulu di sekitar penginapan… ini dia penampakan suasana di penginapan siang hari, Keren banget gan biru jernih.

Good Bye Teluk Kiluan

Next time akan datang lagi with my Wife & my Junior

Qiano de. Safaraz