Bayi yang lahir prematur biasanya akan mengalami keterlambatan dalam tumbuh kembangnya. Jadi hal itu wajar saja karena memang seperti itu. Dilahirkan ke dunia dalam kondisi belum siap.

Nah yang dialami oleh Qano, salah satu nya keterlambatan dalam hal “tengkurap”.

Biasanya bayi udah bisa tengkurap di usia 3 atau 4 bulan.

Dan ini sampai 7 bulan pun belum bisa melakukan yang nama nya tengkurap.

Jika posisi nya sedang tidur telentang, udah deh gak bisa ngapa-ngapain. Hanya sebatas memiringkan badan saja, tapi gak sampai tengkurap.

Belum Bisa Tengkurap

Pernah ketika usia 7 bulan kita bawa terapi ke Klinik Tumbuh Kembang, tapi seperti nya kurang cocok dan gak menunjukan hasil yang optimal.

Pertama karena lokasi jauh, Kedua karena Jadwal si terapis nya padat banget, karena banyaknya bayi yang mau diterapi.

Setiap si Qano datang ke sana, eh udah ketakutan duluan, kayak nya udah tau bakalan diterapi, buat dia mungkin kayak siksaan kali ya.

Jadi udah deh kita stop dulu ke klinik Tumbuh Kembang nya.

Terapi di Klinik Tumbuh Kembang

Kalo untuk memancing dia agar terbiasa merangkak dan tengkurap, kita suka maen dengan permen-permen. Karena warna nya menarik, si Qano jadi tertarik ingin mengambil nya. Pas lagi tidur atau pas lagi duduk-duduk begini.

Pancing Untuk Tengkurap

Pancing Untuk Tengkurap

Untuk yang jarak dekat, dia bisa ambil, dan nurut banget mana yang kita tunjuk yang dia ambil. Tapi kalo posisi nya agak jauh, susah juga ambil nya. Kadang berhasil sih membuat dia jadi merangkak, tapi jarang banget. Badan nya masih kaku.

 

Pancing Untuk Merangkak

Pancing Untuk Merangkak

Merangkak Mundur

Dan suatu waktu, dapat info dari Bibi gue di Bekasi, tentang pijit bayi, ada seorang mbah yang biasa melakukan urut bayi, dan banyak banget bayi-bayi yang mengalami keterlambatan dalam perkembangan dibawa ke sana, dan hasil nya katanya sih bagus.

Ya udah kita coba deh untuk ke sana, yang berlokasi di Bekasi- Harapan baru.

Buat teman-teman yang pernah punya pengalaman anak nya belum bisa tengkurap, atau ada keterlambatan yang lain, bisa ikutan share dong di kolom komentar di bawah .

 

-bersambung-