Curug 7 Cilember – Kawasan Wisata Air Terjun yang terletak di Puncak, tepat nya di Desa Cilember. Jumlah Air Terjun nya ada tujuh buah, yaitu Curug 1, Curug 2, Curug 3 s/d Curug 7.

Untuk mencapai ke tujuh Curug tersebut tidak mudah, selain lokasi nya yang berjauhan, kondisi jalan yang dilalui nya juga terjal. Yang paling dekat dan paling mudah untuk dicapai yaitu hanya Curug 7. Dan untuk menuju Curug yang lain nya berjarak sekitar 250-300 meter. Bagi yang hobby petualang, cocok banget untuk datang kemari.

 

Sabtu, 20 Juli 2019

Dari Villa Kampung Air ke Kawasan Wisata Curug 7 Cilember, deket banget, karena emang tetanggaan. Jadi gak perlu naek kendaraan lagi, tinggal jalan kaki doang bentar. Harga tiket nya Rp 25.000 per orang.

Ini dia penampakan di sana, karena masih pagi, jadi belum terlalu banyak pengunjung yang datang.

 

Area Pos Masuk

Area Pos Masuk

Area Pos Masuk

Area Pos Masuk

Kolam Selamat Datang

Kolam Selamat Datang

Fasilitas yang ada di sini cukup lengkap, ada mushola, klinik, tempat makan, wahana permainan , wahana swafoto dan masih banyak lagi.

Ada juga tenda-tenda yang dipakai untuk camping

Klinik

Musholla

Setelah masuk ke dalam, kanan kiri jalan semua nya pepohonan yang masih rimbun.

Melintasi bebatuan anak tangga, yang lumayan mudah dilewati semua kalangan umur.

Di beberapa spot, ada beberapa papan informasi dan juga wahana permainan

 

Papan Edukasi

Hotel Serangga

Berbagai wahana permainan ada di sini, dan untuk masuk ke wahana tersebut harus ngerogoh kocek lagi, harga nya variatif.

Papan Informasi - Wahana Permainan

Panahan

Arena Tembak

Taman Love

Taman Love - Masih Tutup

Paint Ball

Rumah Hobbit

Rumah Pohon

Rumah Pohon

Play Ground Anak

Play Ground Anak

Play Ground Anak

Play Ground Anak

Taman Kelinci

Flying Fox

Gue gak sempat untuk jelajah ke semua area, karena tujuan kita hanya tertuju ke lokasi Curug 7 saja.

Penunjuk Jalan (1)

Penunjuk Jalan (2)

Penunjuk Jalan (3)

Penunjuk Jalan (4)

Terdapat pula Taman Konservasi Kupu-Kupu di sini, berbentuk Kubah.

Kita masuk aja ke dalam, Kupu-kupu nya gak terlalu banyak sih, apa karena belum musim kali ya.

 

Taman Konservasi Kupu-Kupu

Taman Konservasi Kupu-Kupu

Pintu Masuk

Pintu Masuk

Taman Konservasi Kupu-Kupu

Taman Konservasi Kupu-Kupu

Makin menyusuri ke dalam, makin banyak wahana permainan dan juga ada tempat makan.

Eh ada kucing oren juga. haha

 

Kucing Oren

Jalan Sebentar, Berhenti , Jepret !!

Jalan Sebentar, Berhenti , Jepret !!

Jalan Sebentar, Berhenti , Jepret !!

Jalan Sebentar, Berhenti , Jepret !!

Jalan Sebentar, Berhenti , Jepret !!

Jalan Sebentar, Berhenti , Jepret !!

Jalan Sebentar, Berhenti , Jepret !!

Jalan Sebentar, Berhenti , Jepret !!

Jalan Sebentar, Berhenti , Jepret !!

Jalan Sebentar, Berhenti , Jepret !!

Jalan Sebentar, Berhenti , Jepret !!

Jalan Sebentar, Berhenti , Jepret !!

Jalan Sebentar, Berhenti , Jepret !!

Jalan Sebentar, Berhenti , Jepret !!

Jalan Sebentar, Berhenti , Jepret !!

Jalan Sebentar, Berhenti , Jepret !!

Ini mungkin karena hari masih pagi, jadi di perjalanan gak terlalu banyak pengunjung yang melintas.

Gak tau kalo udah agak siang atau menjelang sore.

Perjalanan Ke Curug

Perjalanan Ke Curug

Perjalanan Ke Curug

Pepohonan Curug Cilember

Pepohonan Curug Cilember

Pepohonan Curug Cilember

Pepohonan Curug Cilember

Pepohonan Curug Cilember

Lumayan juga perjalanan dari Pos Masuk hingga menuju Curug 7, untung aja anak tangga nya gak terlalu terjal.

Qiano dari awal Pos Masuk, hingga di Air Terjun nya, jalan kaki, tanpa minta digendong, keren banget !!

 

Tenda Camping

Tenda Camping

Peta Denah Kawasan Curug Cilember

Peta Denah Kawasan Curug Cilember

Jarak Tempuh Setiap Air Terjun

Dan akhir nya setelah mendaki ratusan anak tangga, terlihat juga Curug 7 yang kita tuju, dari kejauhan seperti ada 2 air terjun bertingkat.

Kirain masih sepi, ternyata sudah banyak aja pengunjung yang tiba duluan di Air Terjun

Curug 7 - Cilember

Curug 7 - Cilember

Curug 7 - Cilember

foto dari Curug-7

Ternyata di Curug 7 ini ada mitos nya, dimana kalo kita mandi di sini bisa awet muda, jauh dari penyakit, dan juga gampang jodoh. Jadi buat loe loe pada yang masih jomblo cocok dah datang kemari. Sapa tau nanti pas kemari, nemu selendang bidadari.  ( bidadari transgender )

Di sini juga pernah jadi tempat pemandian putri di Kerajaan Siliwangi.

Dan pada katanya sih pada Malam Jumat Kliwon, kalo mandi di sini, bisa bikin awet muda dan menambah kekuatan !!!

Mitos Curug 7

Curug 7 ( Versi Arabic )

Dingin banget cuy air nya, mau masuk lagi ke dalam kolam tapi dasar kolam agak terjal euy. Qano juga nyoba untuk coba sendiri ngerasain dingin nya air di sekitar kolam yang udah dipagarin dengan rantai.

Qano di Air Terjun

Qano di Air Terjun

Qano di Air Terjun

Qano di Air Terjun

CURUG 7 - CILEMBER

CURUG 7 - CILEMBER

Sebenar nya gue pengen banget untuk nyebur dan berenang di sekitar Air terjun, tetapi karena kita gak bisa berlama-lama di sini, keluarga yang lain juga masih pada di Villa, sedang berberes dan packing untuk persiapan pulang, kembali ke Jakarta.

Sampai sini dulu jalan-jalan kita, Air Terjun yang lain nya suatu saat nanti, akan kita jelajahi semua.

– Will Be Continued –

Kita akan kembali lagi,

Mencapai Curug tertinggi