ANYER – Salah satu kawasan pantai yang terletak di ujung barat Pulau Jawa, tepatnya di Provinsi Banten. Di kawasan tersebut ada beberapa banyak pantai, kebanyakan orang mengira Anyer adalah hanya satu pantai saja, padahal Anyer adalah sebuah kawasan, yang mana terdiri atas beberapa pantai. Contoh saja, Pantai Marbella, Pantai Florida, Pantai Karang Bolong, Pantai Jambu, dan masih banyak lagi pantai-pantai yang ada di Anyer.

Kawasan anyer berada di sisi utara, sedangkan pada sisi selatan terdapat Kawasan Carita.

Lebih jelas nya digambarkan pada peta di bawah ini nih :

Lokasi - Kawasan Anyer

Anyer - Carita

 24 Mei 2015

Saat itu gue sedang bertugas di Cilegon, tepat nya di Anyer. Ngontrak di daerah sekitar Pasar Anyer, jadi ya, emang deket banget ama pantai. Kalau dari rumah kontrakan, tinggal nyeberang jalan saja sudah ketemu pantai.

Baru tau ternyata ada banyak pantai di Anyer, kirain semua pantai disini memiliki satu nama, Pantai Anyer, ternyata salah. Karena ketidaktahuan itulah, jadi punya keinginan untuk mendatangi semua pantai-pantai di kawasan anyer.

Biasanya jika setiap weekend, kita berdua pulang ke Tangerang / Jakarta, tapi weekend ini sudah kita rencanain untuk jalan-jalan ke semua pantai di Anyer.

Hari minggu di waktu pagi, sekitar jam 6 kurang, kita berdua sudah siap, untuk singgah ke setiap  pantai dengan bermotor ria.

 

 

-Pantai Marbella-

Pantai pertama yang akan kita singgahi yaitu pantai yang sudah terkenal banget di sini; Pantai Marbella.

Biasanya yang berada di pantai ini kebanyakan dari pengunjung yang menginap di Hotel Marbella.

Tapi walaupun kita bukan tamu hotel, bisa lho masuk ke pantai nya, melalui gang kecil tersembunyi, yang posisi nya nyempil di dekat Hotel.

Beberapa meter sebelum Hotel Marbella, ada penginapan nama nya Pondok Tubagus, nah di sebelah nya ada Gang Kecil, ada papan informasi nya juga kok. Dari sana kita masuk , bisa tembus ke pantai nya.

Karena hari masih pagi, jadi belum ada petugas yang sedang jaga, jadi gratis deh gak perlu bayar.

Biasanya yang masuk ke Gang tersebut bakal dimintain uang sebesar Rp 5.000,- atau Rp 10.000,-

Ini dia penampakan gang masuk ke Pantai Marbella :

Gang Masuk Pantai Marbella

Sampai juga deh kita di Pantai Marbella, ternyata udah rame aja, pastinya diramaikan oleh pengunjung dari Hotel. Banyak yang jualan juga, dari makanan, minuman, baju-baju, oleh-oleh pernak pernik, penyewaan ban, macem-macem deh.

Kalo untuk warna pasir agak kecoklatan hitam gitu, jadi pas datang kesini agak kurang begitu excited.

Tapi cukup lumayan lah kalo untuk refreshing sekedar hirup udara pagi dan lari-lari di sekitar pantai. Kalo untuk berenang nya, agak kurang kepengen.

Pantai Marbella

Dan ini dia, foto kita berdua, eh berempat deh, dengan our baby yang masih dalam kandungan, Qiana & Qiano.

Saat itu usia kandungan istri kurang lebih 2 bulan.

Kita Bersama - Qiana & Qiano

Pantai selanjutnya, kita juga belum tau mau kemana dulu. Sebenarnya ada pantai yang pengen banget kita datangin, yaitu Pantai Jambu, karena kalo baca artikel di internet, hasil review nya paling bagus di Kawasan Anyer.

Tapi gak ada salah nya juga kita coba datangin dulu sebanyak mungkin pantai-pantai yang kita lewati.

Kita jalan terus aja dengan bermotor ria, di sebelah kanan jalan, banyak sekali papan informasi yang menandakan pintu masuk pantai. Ada beberapa yang parkiran nya yang sudah penuh.

Sekarang karena hari masih pagi, jadi gak macet, berbeda sekali jika hari sudah agak siang, di atas jam 10, pasti macet banget.

-Pantai Florida-

Ada papan informasi gede bertuliskan “Pantai Florida”, serta gambarnya juga, kalo di gambarnya sih Pantai nya pasirnya putih, dan air nya biru banget. Coba deh kita masuk, penasaran.

Eh baru aja parkir, langsung ada abang-abang yang nyamperin, dah gitu nagih uang nya lumayan gede juga, untuk biaya masuk pantai dan biaya parkir. Gue nego aja ke abang nya, karena rencana di pantai hanya sebentar, gak lama.

Masuklah kita ke pantai nya, dan ternyata, beda sekali dengan gambar yang di depan gerbang masuk tadi. Warna pasirnya sama aja dengan yang di pantai marbella tadi, hitam kecoklatan.

Tetapi kalau di sini pengunjung nya gak terlalu banyak di banding dengan yang di Pantai Marbella.

Kita duduk-duduk aja di saung nya. Eh tau-tau ada ibu-ibu datang, nawarin jasa pijat. Ya udah kita terima aja, istri gue yang dipijit, lumayan ngilangin pegel dan bagi-bagi rejeki.

Ini penampakan pantai nya :

 

Pantai Florida

Abis dipijit, kita berdua nyusurin pantai nya lagi, nyari yang agak sepi buat foto-foto.

Makin jauh pantai nya lebih bersih juga lokasi nya masih sepi.

Pantai Florida

Karena masih ada pantai selanjutnya yang mau kita tuju, langsung kita cabut dari sini.

Ada juga lokasi yang terkenal, Pantai Karang Bolong, sempat kita lewatin, tapi istri kagak mau singgah ke sana. Karena banyak nuansa mistisnya, takut gak baik buat yang ada di dalam kandungan.

Kalo lagi kagak hamil sih oke-oke aja mampir ke Karang Bolong.

-bukan Pantai Jambu-

Kita susuri terus jalan aspal di anyer, mencari dan juga menuju Pantai Jambu, dengan bantuan GPS dari Smartphone. Agak kurang jelas lokasi nya, dan seperti nya kayak sudah terlewat. Karena lokasi nya gak jauh dari Galangan Kapal Marina Jambu. Dan gak ada papan informasi yang bertuliskan Pantai Jambu.

Kita coba menepi deh, ada pantai tuh dekat dengan sebuah Resort, mungkin ini yang disebut Pantai Jambu.

Lumayan bersih juga pasirnya gak terlalu kecoklatan dan suasana nya sepi banget.

bukan Pantai Jambu

Kayaknya sih ini bukan Pantai Jambu, soalnya kalo baca di artikel, seharusnya ada ayunan nya. Nah kalo disini gak ada apa-apa, hanya saung buat istirahat aja.

Kita tanya ama penjaga warung di pinggir jalan, dan ternyata benar, ini bukan Pantai Jambu. Pantai Jambu yang sebenar nya letak nya sebelum Galangan Kapal Marina Jambu.

Ya udah kita gak berlama-lama langsung cabut lagi dari sini. Menuju jalan yang udah kita lewatin tadi, sebelum Galangan Kapal Marina Jambu.

Galangan Marina Jambu

 

Akhirnya puter balik lagi dan ketemu lagi ama Galangan Kapal Marina Jambu.

Sampai juga kita di Pantai Jambu, ternyata bener, pasir nya agak bersih, mirip sama pantai yang tadi “bukan pantai jambu”. Pengunjung nya juga masih sepi. Gak tau deh kalau hari sudah sore, apakah rame banget atau kagak.

Ada saung, ada juga ayunan-nya, sesuai ama gambaran yang kita baca di artikel internet.

Ini dia penampakan di Pantai Jambu :

Pantai Jambu

Udah kesampean keinginan tuk mampir kesini, walau hanya sebentar tapi sudah puas banget. Tidak bisa berlama-lama juga karena istri lagi hamil.

Next time kita bakalan kemari lagi, gak hanya di Anyer tapi juga ke Carita dan tembus langsung ke Tanjung Lesung atau menyeberang ke Pulau Sangiang.

Kita Bersama Qiana & Qiano

Good Bye Anyer... 🙂